Tuesday, July 23, 2013

Siapa Nama Pangeran Baru Inggris?

Nama yang paling sering disebut akan jadi nama bayi kerajaan ini adalah George.
buckingham palace,inggris,kerajaanBuckingham Palace. (Thinkstock)
Prince of Cambridge, putra dari pasangan Pangeran William (Duke of Cambridge) dan Kate Middleton (Duchess of Cambridge) lahir ke dunia, Senin (22/7).
Pangeran baru ini dilahirkan di Rumah Sakit St Mary's, London, tepatnya di Lindo Wing --tempat sang ayah dilahirkan ibunda Putri Diana pada 1982. Sesuai tradisi, kelahiran bayi kerajaan ini lebih dulu diinformasikan pada Ratu Inggris, Elizabeth II, melalui tulisan tangan para petugas medis yang terlibat.
"Laporan" kelahiran itu dibawa dari Rumah Sakit menuju Buckingham Palace menggunakan mobil mewah dengan pengawalan ketat. Setelah itu, barulah pengumuman kelahiran resmi ini dipajang di halaman muka Buckingham Palace untuk disaksikan rakyatnya.
Namun, nama si pangeran baru ini belum diumumkan. Para awak media spesialis kehidupan kerajaan Inggris mulai menduga-duga nama apa yang akan disematkan pada putra William dan Kate. Salah satu prediksi berasal dari komentator kerajaan, Richard Fitzwilliams, yang menyatakan nama "George" bakal jadi juaranya.
"Nama ini akan digunakan Ratu untuk menghormati George VI," kata Fitzwilliams merujuk pada mendiang raja sekaligus ayah dari Ratu Elizabeth II.
George VI pernah diperankan dengan baik oleh Colin Firth dalam film The King's Speech tahun 2010. Ia bernama asli Albert Frederick Arthur George dan putra kedua dari Raja George V. Sesuai dengan urutan lahir, harusnya ia tidak menjadi Raja Inggris, melainkan kakak kandungnya, Edward. Namun, karena Edward melepaskan kewajibannya sebagai raja, maka peran itu jatuh pada sang adik.
"Nama ini (George) menggambarkan apa yang ia korbankan untuk negaranya," ujar Fitzwilliams.
Silsilah nama
Dalam pohon silsilah kerajaan Inggris, nama "George" pernah digunakan sebanyak 13 kali. Jika benar nama ini yang akan disematkan pada sang pangeran baru, maka ia akan mengenakan nama sama dengan beberapa raja sebelumnya. Paling terdekat tentu saja George VI (1895 - 1952) dan George V (1865 - 1936).
Nama ini juga pernah digunakan oleh Pangeran Denmark (1653 - 1708), suami dari Ratu Anne. Sama juga dengan Pangeran Inggris Raya, anak dari George II, yang malangnya berusia singkat, hanya setahun (1717 - 1718).
Bayi ini menggeser posisi Pangeran Harry (adik dari William) di urutan ketiga tahta Inggris. Posisi pertama diisi oleh kakeknya, Pangeran Charles, diikuti oleh Pangeran William. Ini juga jadi tonggak sejarah Inggris karena pertama kalinya dalam lebih dari 100 tahun, ada tiga pewaris tahta yang hidup dalam waktu bersamaan.
(Zika Zakiya.  The Daily Telegraph, ABC Australia)

No comments:

Post a Comment