Thursday, July 25, 2013

Menyelusuri Keberadaan Dinasti Sriwijaya al Akbar, di Nusantara


Ketika Kerajaan Chola berhasil menguasai Sriwijaya pada sekitar tahun 1025M. Telah membuat keluarga kerajaan tercerai berai ke berbagai tempat.
Sebagian keluarga kerajaan yang tersisa, kemudian membangun Kerajaan Sriwijaya di Pedalaman, dengan ibukota Dharmasraya, yang berlokasi hulu sungai batang hari, Sumatera Barat.
prasasti12
Pada tahun 1183M, berdasarkan Prasasti Grahi, menginformasikan kepada kita, Kerajaan Sriwijaya (beribukota di Dharmasyara) telah kembali bangkit, dan berhasil menguasai daerah hingga Thailand Selatan, selepas kehancurannya akibat serangan Kerajaan Chola.
Pada masa itu, Kerajaan Sriwijaya-Dharmawangsa, dipimpin seorang Maharaja yang dikenal dengan nama Sri Maharaja Srimat Trailokyaraja Maulibhusana Warmadewa.
Para ahli genealogy percaya bahwa Sri Maharaja Srimat Trailokyaraja Maulibhusana Warmadewa, adalah nama lain dari Maharaja Imbang Jaya atau Maharaja Sambugita, yang disebut-sebut di dalam silsilah raja-raja Melayu.
Sekitar 100 tahun kemudian, pada tahun 1286M, berdasarkan prasasti yang ditemukan di komplek Candi Padang Roco Sumatera Barat, diketahui bahwa Negeri Sriwijaya di Pedalaman dipimpin oleh seseorang yang bergelar Sri Maharaja Srīmat Tribhuwanaraja Mauliwarmadewa.
Srī Mahārāja śrīmat tribhuwanarāja mauliwarmadewa, adalah generasi penerus Sri Maharaja Srimat Trailokyaraja Maulibhusana Warmadewa, yang diyakini sebagai kakek dari Adityawarman (Maharajadiraja Srīmat Srī Udayādityawarma Pratāpaparākrama Rājendra Maulimāli Warmadewa), pendiri Kerajaan Pagaruyung.
Atas rencana ALLAH jualah, dikemudian hari anak cucu keturunan Sang Maharaja Sambugita, berkolaborasi (menyatu) dengan keluarga besar Maulana Husain al Akbar.
Dan dari penyatuan kedua keluarga ini, telah memunculkan Para Ulama, Penguasa serta Kaum Cendikiawan, dari berbagai tempat di Nusantara, bahkan menjadi leluhur semua Presiden Republik Indonesia.
silsilah dinasti sriwijaya al akbar
Sumber :
1. Prasasti Grahi
2. Adityawarman
3. Prasasti Amoghapasa
4. Prasasti Padang Roco
5. Kerajaan Dramasraya
6. Genealogy Kerajaan Kelantan
7. Maulana Husain, Pelopor dakwah Nusantara
8. Silsilah dan Kekerabatan 5 Tokoh : Jokowi, Rhoma, Yusril, Prabowo dan Sultan
9. Dinasti Giri Kedaton dan Silsilah Presiden Indonesia : Sukarno, Suharto, BJ.Habibie, Gusdur, Megawati serta Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

No comments:

Post a Comment