PRAHU JUNG (Kapal besar),,,,Jauh sebelum Cheng Ho dan Columbus, para penjelajah laut Nusantara sudah melintasi sepertiga bola dunia. Meskipun sejak 500 tahun sebelum Masehi orang-orang China sudah mengembangkan beragam jenis kapal dalam berbagai ukuran, hingga abad VII kecil sekali peran kapal China dalam pelayaran laut lepas. Dalam catatan perjalanan keagamaan I-Tsing (671-695 M) dari Kanton ke Perguruan Nalanda di India Selatan disebutkan bahwa ia menggunakan kapal Sriwijaya, negeri yang ketika itu menguasai lalu lintas pelayaran di ”Laut Selatan”.
Pelaut Portugis yang menjelajahi samudera pada pertengahan abad ke-16 Diego de Couto dalam buku Da Asia, terbit 1645 menyebutkan, orang Jawa lebih dulu berlayar sampai ke Tanjung Harapan, Afrika, dan Madagaskar. Ia mendapati penduduk Tanjung Harapan awal abad ke-16 berkulit cokelat seperti orang Jawa. ‘Mereka mengaku keturunan Jawa,’ kata Couto, sebagaimana dikutip Anthony Reid dalam buku Sejarah Modern Awal Asia Tenggara.Berdasarkan relief kapal di Candi Borobudur membuktikan bahwa sejak dulu nenek moyang kita telah menguasai teknik pembuatan kapal. Kapal Borobudur telah memainkan peran utama dalam segala hal dalam pelayaran, selama ratusan ratus tahun sebelum abad ke-13. Memasuki abad ke-8 awal, kapal Borobudur digeser oleh Jung besar Jawa, dengan tiga atau empat layar sebagai Jung. Kata ‘Jung’ digunakan pertama kali dalam perjalanan biksu Odrico jurnal, Jonhan de Marignolli, dan Ibn Battuta berlayar ke Nusantara, awal abad ke-14, mereka memuji kehebatan kapal Jawa raksasa sebagai penguasa laut Asia Tenggara. Teknologi pembuatan Jung tak jauh berbeda dari karya kapal Borobudur; seluruh badan kapal dibangun tanpa menggunakan paku.
Disebutkan, jung Nusantara memiliki empat tiang layar, terbuat dari papan berlapis empat serta mampu menahan tembakan meriam kapal-kapal Portugis. Bobot jung rata-rata sekitar 600 ton, melebihi kapal perang Portugis. Jung terbesar dari Kerajaan Demak bobotnya mencapai 1.000 ton yang digunakan sebagai pengangkut pasukan Nusantara untuk menyerang armada Portugis di Malaka pada 1513. Bisa dikatakan, kapal jung Nusantara ini disandingkan dengan kapal induk di era modern sekarang iniBahwa teknologi pembuatan kapal pertama kali adl di NUsantara,,,jadi sejarah resmi harus diklarifikasi krn bukti artefact di Nusantara membuktikannya,,,,,,,dan kapal besar yg dibuat oleh Nuh ada di Nusantara,,,,,,suatu pembohongan publik jika kapal Nuh dibuat di Mesir,,krn dari bahan baku pembuatan kapal yaitu KAYU BESI hanya ada di Nusantara yg tersedia dengan sangat banyak,,,,tentunya dg teknologi yg canggih di jamannya,,,,
Jauh sebelum colombus berlayar ke Amerika Laksamana ceng ho sdh mendarat di amerika sementara jauh sebelum Laksamana cengho mendarat di amerika,,,,Raja Nuswantara sudah menduduki Amerika menjadi daerah kekuasaannya,,hal ini dibuktikan dengan situs artefact GAMBAR RELIEF yg ada di SITUS CETHO jateng,,,yg menggambarkan bahwa ADIPATI NUSWANTORO JAWA disembah oleh suku bangsa indian Maya dengan latar belakang relief pohon kaktus,,,,(pohon yg tumbuh di benua amerika),,,,,,,,,,JAYALAH INDONESIAKU,,,,,,,,,,,,!!!
No comments:
Post a Comment