Friday, August 30, 2013

Bangunan Masjid Pertama di Jerman

Walaupun diperkirakan kedatangan umat islam di Jerman sudah ratusan tahun yg lalu, ternyata bangunan mesjid yg pertama secara resmi baru ada di tahun 1915. Sebelum adanya bangunan tsb memang sudah ada bentuk-bentuk bangunan lama berumur ratusan tahun yg menyerupai mesjid, tapi tidak difungsikan seperti mesjid biasa yg dipergunakan bagi umum.
http://www.berlin-lodge.de/img/ortsseiten/wilmersdorfer-moschee.jpg
Wilmersdorf moschee..
Di Wünsdorf und Zossen, 80 km sebelah selatan Berlin pada tahun 1915 di masa kekaisaran Jerman sempat dibangun sebuah mesjid bagi para tawanan perang yg beragama islam. Dengan dibangunnya mesjid pada tgl 13 Juli 1915, para tawanan diberi kesempatan untuk melakukan ritual keagamaannya sebagai bentuk “perlakuan baik”.
Bangunan sederhana dengan menggunakan kayu tsb akhirnya dirobohkan thn 1920 karena mengalami kerusakan. Atas inisiatif para pelajar yg tergabung di AAIIL, organisasi ahmadiyah islam Lahore, tahun 1924 mereka mengumpulkan dana dari anggota2 dan simpatisannya merenovasi bangunan tsb. Sejak saat itu kepemilikan masjid berada pada organisasi tsb.

suasana kotbah thn 1931..
Pada waktu itu keberadaan masjid ahmadiyah tsb sempat menjadi perdebatan dan konflik antara AAIIL organisasi yg berdiri tahun 1922 ini, dengan organisasi para pelajar muslim lainnya. Konflik akhirnya mencapai kesepakatan bahwa masjid yg berada di Wilmersdorfer digunakan untuk semua muslim dari segala bangsa, walau kepemilikan tetap ada di organisasi ahmadiyah tsb sampai sekarang ini. Nama masjid pun dikenal sesuai nama tempatnya masjid Wilmersdorfer selain nama masjid Ahmadiyah.
Bangunan mesjid yg terinspirasi dari bangunan Taj Mahal di India tsb dibangun atas rancangan arsitek dari Berlin, K. A Hermann. Pembangunan memakan waktu sekitar 3 tahun dan secara resmi dibuka tgl 23 Maret 1928.

Imam Muhammad Abdullah..
Semasa perang dunia kedua, bangunan masjid sempat mengalami kerusakan. Untuk merenovasinya kembali sumbangan dari anggota AAIIL seluruh dunia terutama dari Amerika berdatangan. Sejak tahun 1993 masjid tsb terdaftar termasuk sebagai bangunan cagar budaya yg dilindungi. Bangunan utama berikut menara pun dibangun kembali tahun 1996. Pemerintah daerah beserta organisasi Berlin Monument Authority, German Fondation for Monument dan perwakilan masyarakat di Amerika membiayai proyek senilai waktu itu 800. ooo Mark.
Hingga saat ini diperkirakan sudah lebih 1200 masjid yg ada di seluruh wilayah Jerman dan antara 3.8- 4.3 juta penduduknya memeluk agama islam. Walaupun mereka dari berbagai macam aliran tetapi bisa hidup rukun dan damai, belum pernah terdengar konflik diantara mereka.
sumber dan gambar,
http://www.berlin-lodge.de/img/ortsseiten/wilmersdorfer-moschee.jpg
http://de.wikipedia.org/wiki/Wilmersdorfer_Moschee

Elde

No comments:

Post a Comment